Labels

Tuesday, January 28, 2014

Pantai Yeh Gangga

Bagi anda yang suka traveling dan kebetulan sedang mecari tempat yang tenang datanglah ke Pantai Yeh Gangga, pantai yang terletak kurang lebih 9 kilometer dari Tanah Lot, Tabanan ini memberikan pemandangan sunset yang menawan namun memiliki laut yang sedikit berbahaya, cocok untuk para surfer. Pantai yang banyak di lalui aliran sungai  kecil dan kemudian bermuara kelaut, selain itu sisi selatan dari pantai merupakan hamparan sawah yang berwarna hijau sungguh perpaduan warna yang menarik dan akan memanjakan mata anda untuk tetap menjelajahi setiap lekuk pesisir pantai berpasir lembut dan berwarna abu-abu, indah.
Yang unik di pantai ini adalah sesosok batu yang tak begitu besar yang ternyata adalah sebuah pura yang bernama Pura Batu Bolong, layaknya Pura Tanah Lot namun dengan ukuran yang lebih kecil, tepat di ujung depan batu terdapat tangga kayu yang menjadi satu-satunya jalan untuk bisa menaiki batu yang perkasa tersebut. Barang kali banyak pura yang bernama sama namun yang membedakan pura ini adalah ukuran batu yang tak terlalu kecil pun lubang yang ada di dalam batu. Anda akan terpesona jika bisa melihat pancaran sunset yang keluar tepat berada di dalam lingkaran batu pura tersebut.



Selain menjadi tempat sembahyang bagi para Bhakta umat Hindu terutama di Pura Batu Bolong-nya, Pantai Yeh Gangga juga paling sering menjadi tempat untuk melakukan upacara Melasti dan upacara pelepasan abu kremasi akhir dari upacara Ngaben. Jika anda beruntung ini akan menjadi pegelaran budaya yang menarik karena biasanya upacara di hadiri oleh ratusan umat Hindu lengkap dengan Gambelan yang mengirinigi selama prosesi berlangsung.

Sumber : http://dedotblog.wordpress.com  dan dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment